#

Marliza M. Tauhid dan Semangat Membangkitkan Tenun Ternate

PEMKOT TERNATE - Tenun Ternate merupakan salah satu dari banyaknya kerajinan khas Ternate. Dikenal dengan sebutan Tenun Koloncucu, kini kehadirannya mulai di lirik anak muda Ternate.

Lewat tangan dingin Marliza M. Tauhid, kini Tenun Ternate atau dalam bahasa Ternate di sebut Rapidino (Kain Yang Rapi) akan ditampilkan lewat kostum salah satu band lokal asal Maluku Utara Tresshome yang akan tampil dalam perhelatan musik Hutan Makassar.

Event musik ini digelar di wisata Bengkasaile, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan.
Vokalis Treeshome Eross Mahifa mengatakan bandnya akan perform pada 9 sampai 11 September 2022.

Selaku Ketua DEKRANASDA (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Ternate, Marliza M Tauhid, memberikan kain tenun Ternate untuk dipakai band saat tampil nanti.

"Tenun Koloncucu adalah aset budaya Kota Ternate. Dan sudah kewajiban kita bersama untuk turut mengangkat, mengenalkan, dan menjaganya, sehingga kelak bisa mengekskalasi dampak sosial, budaya dan ekonomi Kota Ternate yang tidak pernah kehabisan talenta muda yang potensial. Itulah kenapa saya mengajak anak-anak muda Kota Ternate untuk berkolaborasi melakukan upaya menghidupkan kembali tenun Koloncucu yang menjadi kebanggan kita semua melalui bidang yang dekat dengan anak muda milenial," jelas Marliza.

Marliza juga mengatakan, “Dan teman-teman Tresshome sebagai band yang akan tampil di event Musik Hutan Makassar menjadi mitra strategis sebagai ambassador dari kalangan milenial untuk ikut mengenalkan dan membumikan tenun kepada anak muda di Indonesia," pungkas Marliza.

Sementara, Eross vokalis Treeshome, mengaku bangga mendapat support Pemerintah Kota Ternate melalui Ketua TP PKK yang juga istri Wali Kota, Marliza M. Tauhid.

“Motif-motif kain tenun akan kami pakai pada saat manggung nanti, ini bentuk apresiasi. Semoga wajah tenun Koloncucu bisa kembali berjaya dan menjadi trend gaya hidup anak muda lokal yang ada di Maluku Utara," ucap Eross.  (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Hari Ini, Sejumlah Lurah dan Pejabat Pemkot Ternate di Lantik

Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME melantik dan mengambil sumpah/janji Pej ...

#

Wali Kota Ternate : Serukan Kolaborasi dan Aksi Iklim , Wujudkan Ternate Geopark Nasional

PEMKOT TERNATE - PT Pertamina Patra Niaga DPPU Babullah bersama dengan IAGI Maluku Utara, ...

#

Wali Kota menjadi Irup pada Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menjadi Inspektur Upacara p ...

#

Sekda Kota Ternate Lantik 4 Pejabat Disdukcapil

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME. melantik dan mengambi ...