#

Sekda Sambut Kunjungan Kerja Bupati Musi Rawas Utara

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM menyambut kedatangan Bupati Musi Rawas Utara, H. Devi Suhartoni, beserta rombongan dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) di kantor Wali Kota Ternate, Senin (8/7/2024).

Kedatangan Bupati Musi Rawas Utara itu, disambut oleh Sekretaris Daerah beserta sejumlah Kepala OPD yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai III Kantor Wali Kota Ternate.

Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM yang mewakili Wali Kota Ternate menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kunjungan Bupati Musi Rawas Utara beserta rombongan ke Kota Rempah.

Sekda menyampaikan pentingnya kerja sama antar daerah dalam rangka memperkuat hubungan dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dalam mengelola pemerintahan daerah.

Selain itu, beliau juga memaparkan tentang profil Kota Ternate mulai dari pelaksanaan pelayanan publik, pemberdayaan komunitas dan sektor pariwisata.

"Pertemuan ini merupakan momen yang sangat penting bagi kita untuk saling bertukar pikiran, ide, dan pengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan. Saya berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak," tutur Sekda.

Selanjutnya, Sekda juga memberi pemaparan terkait city branding Ternate Kota Rempah. Dalam pemaparannya Sekda mengatakan Ternate butuh identitas dan legitimasi untuk mempertegas jati dirinya, maka dari itu di Tahun 2020, Ternate yang dibantu oleh Kemenparekraf melalui Indonesia Creative Cities Network (ICCN) atau Jejaring Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia, digagaslah city branding Kota Ternate sebagai Ternate Kota Rempah.

Sekda juga mengungkapkan bahwa penyusunan city branding ini memakan waktu kurang lebih dua tahun dengan melewati semua tahapan, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si kemudian merampungkannya dan setelah itu dicatat oleh Hak kekayaan intelektual (HKI) Ternate Kota Rempah sebagai city branding Kota Ternate.

“Cita rasa aroma rempah di bumi Moloku Kie Raha telah dilegitimasi oleh Kementerian Hukum dan HAM, Ternate Kota Rempah sebagai city branding kota Ternate,” pungkasnya.

Lanjut, Sekda menjelaskan bahwa dulunya pada masa penjajahan portugis dan belanda, Benteng Oranje menjadi markas besar VOC sebelum berpindah ke Batavia. “Inilah yang menjadi alasan kita untuk menciptakan branding dan mempertegas kepada dunia bahwasannya kekuatan rempah itulah yang membesarkan nama Ternate”.

Dulunya Benteng Oranje tidak terawat tapi saat ini sudah menjadi markas besar dari teman teman komunitas yang menjadi bagian dari kolaborasi hexahelix pemerintah kota sebagai penggerak pembangunan kedepan. “Jadi simpul kita ada pada komunitas tersebut,” tuturnya.

Pada pemaparan tersebut, Sekda juga menegaskan bahwa saat ini Pemerintah Kota Ternate juga tengah menggagas sebuah warisan geologi letusan Gunung Gamalama Batu Angus sebagai Geopark Island.

“Walaupun masih menuju UNESCO tapi target awal kami adalah mendapatkan predikat geopark nasional. Kami berharap dengan adanya warisan geologi Batu Angus bisa memperkuat masyarakat di lingkar destinasi untuk bisa menghidupi mereka, yang mana dulunya mungkin tidak pernah terawat dan terurus,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas Utara, H. Devi Suhartoni, mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan yang hangat dari Pemerintah Kota Ternate.

Beliau juga mengapresiasi kemajuan yang telah dicapai oleh Kota Ternate dalam berbagai sektor, termasuk pariwisata dan pelayanan publik.

"Kami sangat terkesan dengan perkembangan yang telah dicapai oleh Kota Ternate. Kami berharap dapat belajar dari pengalaman Kota Ternate dalam mengelola pemerintahan dan pembangunan daerah. Semoga kunjungan ini dapat mempererat hubungan antara Musi Rawas Utara dan Ternate," pungkas Bupati Musi Rawas Utara.

Pertemuan tersebut diisi dengan pemaparan yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, yang mana masing-masing OPD Kota Ternate mempresentasikan program dan inovasi yang telah dilakukan.

Rombongan dari Musi Rawas Utara juga berbagi pengalaman dan program-program unggulan mereka.

Usai acara tersebut, rombongan Bupati Musi Rawas Utara diajak untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata unggulan di Kota Ternate, seperti Benteng Oranje, Batu Angus dan Pantai Sulamadaha. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Ini Jawaban Wali Kota Ternate Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Ternate Terhadap Ranperda RPJPD

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate,Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyampaikan secara resmi t ...

#

Wali Kota Ternate Instruksikan, Gerakan Aparatur Sipil Negara dan Masyarakat Ikut Memilah Sampah

PEMKOT TERNATE — Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si resmi mengeluarkan Instru ...

#

Wali Kota Buka Literasi Keuangan Inklusif Gender untuk Keluarga Petani Disabilitas

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Wali Kota Resmikan Kapal Semarak Malut 01, Kapal Pertama yang Berganti Bendera di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri acara peresmian ...