#

Tanamkan Budaya Gemar Menabung Sejak Dini, Plh. Wali Kota Buka Gerakan Indonesia Menabung

PEMKOT TERNATE – Plh. Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM menghadiri sekaligus memberi sambutan pada acara Gerakan Indonesia Menabung yang digelar oleh PT. BPRS Bahari Berkesan Kota Ternate dalam rangka menanamkan budaya gemar menabung sejak usia dini. Minggu (11/8/24).

Digelar di Aula Kantor BPRS Kota Ternate, acara tersebut dihadiri oleh Dewan Komisaris PT. BPRS Bahari Berkesan H. Alwi Albaar, Direktur Utama Bank Syariah PT. BPRS Bahari Berkesan Kota Ternate H Risdan Harly, dan sejumlah Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Selain itu, acara dirangkaikan juga dengan penyerahan buku tabungan secara simbolis kepada perwakilan pelajar.

Direktur Utama BPRS Bahari Berkesan, H Risdan Harly mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya BPRS untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang manfaat menabung dengan sasaran para pelajar tingkat SD sampai SMP dengan target satu siswa satu rekening.

"Kami melibatkan siswa dan siswi tingkat SD sampai dengan SMP se-Kota Ternate sebanyak kurang lebih 1.500 pelajar," ucap Dirut BPRS.

Dirut BPRS Bahari Berkesan juga mengatakan dalam kegiatan tersebut, BPRS Bahari Berkesan turut mensosialisasikan Produk Tabungan Pelajar dengan nama Tabungan Pahala.

"Karakteristik Tabungan Pelajar yang dimiliki oleh BPRS Bahari Berkesan adalah khusus untuk pelajar, setoran awal terjangkau untuk seorang pelajar yaitu sebesar Rp. 1000 - (seribu rupiah) dapat diambil kapan saja, dan tidak dikenakan biaya administrasi bulanan sehingga saldo tidak berkurang," jelas Risdan.

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mengatakan, selain untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI tahun 2024, kegiatan yang digagas BPRS Bahari Berkesan ini juga untuk memeriahkan rangkaian kegiatan Hari Indonesia Menabung (HIM) 2024 yang dilaksanakan sejak Juni 2024 dan berakhir pada 15 Agustus 2024, dengan tema sentral "Gemar Menabung".

Plh. Wali Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM dalam sambutannya memberi apresiasi atas inisiatif BPRS Bahari Berkesan yang telah berkomitmen untuk mengajak masyarakat Kota Ternate, terutama generasi muda, untuk lebih sadar akan pentingnya menabung.

"Melalui program Gemar Menabung ini, saya yakin kita dapat membentuk generasi yang lebih cerdas dalam mengelola keuangan, lebih mandiri, dan lebih siap menghadapi tantangan ekonomi di masa depan," ucap Plh. Wali Kota.

Plh. Wali Kota juga mengatakan sebagai lembaga keuangan yang berlandaskan prinsip-prinsip syariah, BPRS Bahari Berkesan juga memberikan alternatif yang sesuai dengan nilai-nilai, di mana kegiatan menabung dan investasi dilakukan dengan tetap mematuhi aturan-aturan syariah.

"Ini merupakan pilihan yang sangat tepat bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi, namun tetap menjaga kehalalan dan keberkahan dalam setiap transaksi," ungkapnya.

Plh. Wali Kota menyatakan, kegiatan hari ini, untuk mengawali langkah besar dalam membentuk generasi muda yang cerdas, bijak, dan mandiri dalam mengelola keuangan.

"Menabung adalah kebiasaan yang sangat baik dan harus ditanamkan sejak usia dini. Melalui kebiasaan menabung, anak-anak kita belajar tentang nilai uang, pentingnya perencanaan, dan bagaimana cara mencapai tujuan keuangan di masa depan," jelasnya.

Plh. Wali Kota Ternate, juga mengatakan, kebiasaan menabung memang tidak bisa serta-merta diciptakan, harus dilatih agar menjadi terbiasa, sehingga menjadi kebiasaan. Membiasakan menabung itu penting, sehingga mampu membentuk karakteristik seseorang sejak dini.

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif BPRS Bahari Berkesan yang telah mengambil langkah proaktif dalam mengedukasi para pelajar tentang pentingnya menabung," tuturnya.

Menurutnya, melalui program ini para pelajar tidak hanya diajarkan untuk menyimpan uang, tetapi juga diberikan pemahaman tentang bagaimana mengelola keuangan mereka dengan bijak, sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

"Dengan menabung, kalian belajar untuk disiplin, belajar untuk tidak menghabiskan uang secara sembarangan, dan belajar untuk merencanakan masa depan kalian dengan lebih baik," jelasnya.

Plh. Wali Kota juga mengingatkan, pendidikan keuangan sejak usia dini adalah investasi besar yang akan memberikan hasil luar biasa di masa depan.

"Dengan menanamkan kebiasaan menabung sejak dini, kita turut serta dalam menciptakan generasi yang tidak hanya pintar secara akademik, tetapi juga bijak dalam mengelola keuangan," tambahnya.

Plh. Wali Kota Ternate juga berharap program ini dapat berjalan dengan sukses serta memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh pelajar Kota Ternate serta umumnya masyarakat Kota Ternate.

"Mari kita jadikan kebiasaan menabung sebagai bagian dari gaya hidup kita sehari-hari. Dengan demikian, kita tidak hanya mengamankan masa depan kita, tetapi juga turut serta dalam pembangunan ekonomi daerah yang lebih kuat dan berkelanjutan," tutupnya. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Bangga, Kota Ternate Raih 2 Penghargaan Terbaik dari Bappeda Maluku Utara

PEMKOT TERNATE - Kota Ternate meraih Juara 1 (satu) Penghargaan Pembangunan Daerah Kabupat ...

#

Tanamkan Budaya Gemar Menabung Sejak Dini, Plh. Wali Kota Buka Gerakan Indonesia Menabung

PEMKOT TERNATE – Plh. Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM menghadiri s ...

#

Expo Kuliner dan Wisata Pulau Hiri 2024, Sagu Setir Dikukuhkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda

PEMKOT TERNATE – Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM ...

#

Pemkot Ternate Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan melalui Program JKN

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate, kembali mendapatkan penghargaan Universal Health ...