#

Ternate Bersih, Ternate Sehat Jadi Tema HAJAT ke-773

PEMKOT TERNATE – Jelang peringatan Hari Jadi Ternate yang diperingati setiap tanggal 29 Desember, Pemerintah Kota Ternate membuka sekaligus melaunching logo HAJAT ke-773 di Pantai Falajawa, Sabtu (2/12/23).

Mengangkat tema “Ternate Bersih, Ternate Sehat” launching logo HAJAT ke-773 dibarengi dengan launching Pantai Falajawa yang baru selesai di revitalisasi.

Logo HAJAT ke-773 dibentuk dari susunan angka “7 7 3” hingga membentuk karakter cengkeh, Adapun mahkota cengkeh diambil dari supergrafis city branding Ternate Kota Rempah dengan tema HAJAT diletakkan di bagian bawah karakter cengkeh 773.

Launching ditandai dengan menekan sirene oleh Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Forkopimda Kota Ternate, Pj. Sekretaris Daerah Kota Ternate Abdullah Hi. Muhammad Saleh, Sultan Ternate Hidayatullah Sjah dan para tamu undangan lainnya dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Ternate.

Ketua Panitia HAJAT dr. Fathiyah Suma, M.Kes dalam laporannya mengatakan, bertepatan dengan momentum HAJAT, Kota Ternate dianugerahkan penghargaan Kota sehat untuk penerapan 9 indikator Kota Sehat yang diberi oleh Menteri Kesehatan RI kepada Wali Kota Ternate.

“Swasti Saba Padapa merupakan kado HAJAT 773 untuk masyarakat Kota Ternate, mengingat Swasti Saba Padapa menjadi perwujudan tema Hajat Tahun 2023 yaitu Ternate bersih dan Ternate sehat, dengan harapan menjadi pengingat bagi kita semua untuk menerapkan perilaku hidup bersih hidup sehat sebagai bagian dari budaya hidup sehari-hari,” cetusnya.

Beliau menyebutkan bahwa akan dilakukan serangkaian kegiatan untuk memperingati HAJAT ke-773 diantaranya bakti sosial, operasi katarak, bakti sosial sunatan massal, lomba kawasan tanpa rokok untuk kawasan perkantoran, penyerahan 24 paket bantuan industri rumahan, penyerahan 773 bingkisan kepada mitra Dinas Perhubungan, penyerahan 773 paket sembako dari BPKSDMD Kota Ternate kepada sasaran keluarga sejahtera, Ternate Run yang dimeriahkan oleh komunitas Ternate berlari diikuti aksi bebas sampah bersama 100 peserta di pantai Falajawa, lomba ternate bertutur dan pemilihan duta baca, lomba batobo pungut sampah, FGD kebudayaan untuk tata upacara Hajat, lomba bola kaki pantai, lomba pojok rempah per-OPD Pemkot Ternate dan penyaluran bantuan 100 tempat sampah kepada pedagang pasar.

“Kegiatan-kegiatan tersebut dijadwalkan mulai dari tanggal 2 Desember 2003 sampai pada puncak kegiatan pada 29 Desember yang merupakan Hari jadi Kota Ternate dan diperingati dengan Upacara yang dilanjutkan dengan sidang paripurna istimewa oleh DPRD Kota Ternate dan ditutup oleh kegiatan tausiyah,” sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate dalam sambutannya mengatakan tema Hajat tahun ini merupakan tema yang sangat dalam jika dipahami lebih dalam. Tema ini diambil karena ingin fokus pada persoalan kebersihan dalam rangka Ternate yang lebih sehat.

“Saya ucapkan terima kasih atas antusias seluruh warga. Kegiatan yang diselenggarakan hari ini adalah kegiatan untuk turut mewarnai launching Hari Jadi Ternate (HAJAT). Dalam beberapa waktu terakhir kita lakukan revitalisasi di sepanjang pantai Falajawa, dan hari ini bisa kita nikmati wujudnya dan sebagai sebuah tanda bahwa Kota Ternate adalah kota pantai yang cantik dan indah,” ungkap Wali Kota Ternate.

Wali Kota juga menyebutkan bahwa Pemkot Ternate telah melakukan perbaikan fasilitas kota atau fasilitas umum, selain pantai Falajawa, sedang dibangun juga pusat kuliner dan taman kota yang secepatnya akan di launching.

“Fasilitas-fasilitas umum menjadi perhatian Pemerintah Kota, terutama fasilitas-fasilitas yang berkaitan dengan wisata kita sehingga diperlukan sikap kolaboratif, bukan hanya dari Pemerintah namun juga seluruh warga untuk sama-sama kita wujudkan Ternate sebagai kota bersih dan kota sehat,” ucapnya.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan, dalam satu tahun terakhir, Ternate sering menerima kunjungan dari berbagai tamu dari luar Ternate baik itu untuk acara local maupun nasional, bahkan pada kegiatan ICMI hadir beberapa perwakilan dari luar negeri seperti Mesir, maka dari itu selaku tuan rumah perlu untuk memoles wajah Ternate agar kitab isa memberikan wujud terbaik Kota Ternate.

“Satu lagi tugas kita, kita perlu lakukan perbaikan pendustrian agar bisa memberikan kenyamanan kepada warga luar Ternate yang datang ke Ternate maupun warga yang tinggal di Ternate,” jelas Wali Kota.

Wali Kota berharap dengan diresmikannya Pantai Falajawa, seluruh warga Ternate dapat sama-sama menjaga kebersihan dan keindahannya.

“Saat ini kita juga sudah punya armada sampah laut, mereka bertugas untuk mengangkut sampah yang ada di sepanjang pantai Kota Ternate, tetapi untuk lebih memaksimalkan upaya tersebut, kita perlu membangun kesadaran kolektif untuk budaya bersih. Wujud Ternate bersih yang kita cita-citakan tidak akan bisa kita capai jika tidak ada kesadaran kolektif,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Wali Kota mengatakan bahwa nanti akan kita bangun lagi tangga khusus untuk perempuan dan laki-laki yang ingin berenang di pantai Falajawa. Selain itu akan dibuat beberapa tambahan estetika, termasuk lampu hias untuk menerangi Pantai Falajawa dan untuk mencegah kerawanan di lokasi ini, pihaknya juga meminta kepada Satpol PP dan Polres untuk melakukan patroli di malam hari.

“Mudah-mudahan fasilitas-fasilitas yang sudah dibangun maupun diperbaiki tersebut kedepannya bisa semakin baik bagus dan indah,” harapnya.

Kegiatan tersebut dirangkaikan penyerahan penghargaan Swasti Saba Padapa dari Wali Kota Ternate kepada Ketua Forum Kora Sehat Kota Ternate, penyerahan secara simbolis 100 tempat sampah ke 6 perwakilan pedagang pasar, lomba batobo pungut sampah, ternate run, senam jantung sehat, layanan kependudukan, layanan kesehatan, doorprize dan penutup diisi oleh senam kreasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Kepala Dinas Kominfosandi Kota Ternate Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers 2024 di Jakarta

PEMKOT TERNATE - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ternate Damish Ba ...

#

Sekda Kota Ternate : Kunci Penurunan Angka Kemiskinan dan Stunting adalah Kolaborasi dan Bersinergi Bersama

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM menghadiri Rapat Koo ...

#

Hadiri Musrenbang Ternate Utara, Wali Kota Sebut Akan Lakukan Penataan Kawasan Jole Majiko

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus memb ...

#

Buka Musrenbang Kecamatan Pulau, Wali Kota Ingin Kembangkan Pariwisata

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka Musyawarah Perencan ...