Minggu, 26 Juni 2022
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
27 April 2022 - 16:41:56 - Read: 145

Wali Kota Ternate Jadi Inspektur Upacara di HUT Pemkot Ternate ke 23

DISKOMINFO - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota Ternate yang ke 23 yang di gelar di halaman kantor Wali Kota Ternate, Rabu (27/4/22).

Peringatan HUT Pemkot Ternate tahun ini mengangkat tema, “Karya Nyata menuju Ternate Mandiri dan Berkeadilan” sejalan dengan visi Wali Kota Ternate.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Forkopimda Kota Ternate, Ketua Organisasi Wanita Kota Ternate, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, dan seluruh ASN di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Dalam amanatnya, Wali Kota Ternate mengatakan bahwa dalam kurun waktu 23 tahun ini telah banyak langkah-langkah kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan dengan berbagai kemajuan yang kita lihat.

“Pada hari ini juga, memori kita semua kembali mengingat perjalanan terbentuknya Pemerintah Kota Ternate yang sarat akan nilai sejarahnya, hal ini bisa kita jadikan sebagai bekal dalam membangun Pemerintah Kota Ternate untuk lebih baik di tahun yang akan datang,” ucap Wali Kota Ternate.

Selanjutnya, Wali Kota Ternate menambahkan bahwa tahun 2021 merupakan tahun Pemulihan Ekonomi, dengan adanya dampak dari pandemic Covid 19 di akhir tahun 2019 sampai tahun 2020 yang berdampak pada banyak aspek diantaranya aspek sosial dan aspek ekonomi.

“dan pada tahun 2021 merupakan tahun transisi kepemimpinan dari periode perencanaan 2016-2021 ke periode perencanaan 2021-2026, dengan masa bakti 2021-2024,” tegasnya

Pada tahun 2021, terdapat implementasi 2 (dua) Program Prioritas, yaitu program pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang professional dan program peningkatan kualitas pelayanan publik, dari 14 program prioritas yang terdapat dalam tahapan RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026.

Untuk tahun 2022 ada 3 program prioritas yang dilaksanakan yaitu :
1. Pembangunan infrastruktur dasar bagi wilayah Moti, Hiri dan
Batang Dua.
2. Revitalisasi dan penguatan peran BUMD.
3. Optimalisasi sumber-sumber penerimaan daerah.

“Dan saat ini, pada usia ke 23 tahun adalah usia yang cukup matang, kita masih harus bekerja keras dan berinovasi, terutama dalam pelayanan public harus lebih ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Diakhir amanatnya, Wali Kota mengimbau bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri, agar kebutuhan yang dapat dipenuhi dari dalam daerah untuk mulai disiapkan, begitu pula dengan kebutuhan yang harus di supply untuk mengantisipasi kebutuhan yang belum tersedia

“OPD terkait, baik Dinas Pertanian maupun Disperindag Kota Ternate untuk waspada menyiapkan langkah antisipasi, untuk mencegah kenaikan harga yang kerap terjadi menjelang Idul Fitri yang melebihi kewajaran,” imbau Wali Kota.

Pada upacara tersebut, diberikan juga penghargaan kepada pejabat-pejabat pendahulu di Pemkot Ternate dari tahun 1999-2020, Penyerahan Hak Akses Data Kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri RI Dirjen Kependudukan kepada BP2RD Kota Ternate, Dinas Pendidikan, Dinas Keluarga Berencana, dan Dinas Kesehatan, serta penyerahan SK pensiun PNS. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

BERITA LAINNYA