#

FGD Penetapan Warisan Geologi Bersama Kementerian ESDM, 19 Situs di Kota Ternate Akan Ditetapkan

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) Ternate yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate yang digelar di Auditorium Bappelitbangda Kota Ternate. Rabu (16/10/24).

FGD tersebut digelar secara daring dan luring bersama Kepala Pusat Survei Geologi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Edy Slameto, ST., M.T., M..Sc., bersama Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara, Deddy Arif, Perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Akademisi, perwakilan Kesultanan Ternate, sejumlah Kepala OPD, Camat dan Lurah di lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Kegiatan tersebut digelar sehubungan dengan usulan Gubernur Maluku Utara melalui surat kepada Badan Geologi dengan Nomor 546/604/G tanggal 1 Maret 2022 tentang Usulan Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) dan telah melalui tahapan percepatan identifikasi calon warisan geologi serta sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 tahun 2020 tentang Pedoman Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage).

Berdasarkan hasil inventarisasi lapangan oleh Pusat Survei Geologi Badan Geologi, terdapat 19 lokasi yang layak menjadi situs warisan geologi (Geosite) dan tersebar di 5 Kecamatan Kota Ternate, diantaranya :

1. Lava Erupsi 1907 Tubo di Kelurahan Tubo, Kecamatan Ternate Utara.

2. Lava Erupsi 1737 Batu Angus, Kelurahan Tubo, Kecamatan Ternate Barat.

3. Teras Pantai Tobololo, Kelurahan Tobololo, Kecamatan Ternate Barat.

4. Lava Erupsi 1763 Pantai Masirete, Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Ternate Barat.

5. Lava Pahoehoe Sulamadaha, Keluraha Sulamadaha, Kecamatan Ternate Barat.

6. Lava Erupsi 1763 Pantai Jikomalamo, Kelurahan Takome, Kecamatan Ternate Barat.

7. Maar Tolire, Kelurahan Takome, Kecamatan Ternate Barat.

8. Endapan Paleotsunami Loto, Kelurahan Loto, Kecamatan Ternate Barat.

9. Tebing Breksi Togafo, Kelurahan Togafo, Kecamatan Ternate Barat.

10. Endapan Piroklastik Bukit AfeTaduma, Kelurahan Afe Taduma, Kecamatan Pulau Ternate.

11. Endapan Lahar Kastela, Kelurahan Kastela, Kecamatan Pulau Ternate.

12. Sumbat Lava Foramadiahi, Kelurahan Foramadiahi, Kecamatan Pulau Ternate.

13. Kekar Lembar Sasa, Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan.

14. Ketidakselarasan Sasa, Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan.

15. Lapisan Batuapung Fitu, Kelurahan Fitu, Kecamatan Ternate Selatan.

16. Maar Ngade, Kelurahan Ngade, Kecamatan Ternate Selatan.

17. Endapan Freatomagmatik Kalumata, Kelurahan Kalumata, Kecamatan Ternate Selatan.

18. Lava Mujiumajiko, Kelurahan Faudu, Kecamatan Pulau Hiri.

19. Ignimbrite Gurabala Tomajiko, Kelurahan Tomajiko, Kecamatan Pulau Hiri.

Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM dalam kesempatan wawancara mengatakan bahwa yang paling terpenting adalah menghidupkan masyarakat di lingkar destinasi.

“Sehingga bagaimana kita mengemas dia dengan segala kekuatan potensi yang dimiliki, karena itu bisa menjadi nilai ekonomis bagi warga di lingkar destinasi. Pemerintah kota terus berupaya untuk mendorong ini. Jadi, di samping cerita konservasi, ada juga nilai ekonomis yang akan kita capai,” pungkas Sekda.

Menurutnya, setelah penetapan ini pemerintah kota harus melakukan proteksi terhadap semua zonasi tersebut. Ini juga akan menjadi suatu kekuatan ketika geodiversity (keragaman geologi) dikuatkan lagi dengan biodiversity (keragaman biologi) dan culture diversity (keragaman budaya) pada lokasi situs.

Sementara itu, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Kota Ternate, Deddy Arif dalam wawancaranya menyampaikan bahwa awalnya Kota Ternate mengusulkan 41 situs geologi, kemudian dilakukan asesmen oleh tim asesmen nasional, dan disaring lagi menjadi 19 situs sesuai penilaian Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 tahun 2020 tentang Pedoman Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage).

Ketua IAGI memaparkan bahwa 19 situs geologi tersebut terdapat 7 situs yang berwariskan nasional dan 12 sisanya merupakan situs lokal. 7 situs nasional yang dimaksud adalah Ignimbritte Gurabala Tomajiko, Lava Mujiumajiko, Maar Tolire, Maar Ngade, Sumbat Lava Foramadiahi, Endapan Piroklastik Bukit Afe Taduma, dan Lava Erupsi 1737 Batu Angus.

Ketua IAGI juga memaparkan, perjalanan penetapan situs geologi ini dimulai dari tahun 2019, di tahun 2021 sempat terhenti karena pandemi covid-19, kemudian dilanjutkan pada akhir 2021, hingga masuk pada tahapan akhir yaitu penetapan lokasi warisan geologi (geoheritage) di tahun 2024 yang mana memakan waktu hingga 5 (lima) tahun.

“FGD adalah prasyarat yang akan digunakan oleh Badan Geologi Kementerian sebagai lampiran kesesuaian dalam delineasi ruangnya dan titik lokasi sudah sesuai dengan wilayah yang ada di Kota Ternate,” ujar Ketua IAGI.

Lebih lanjut Ketua IAGI menerangkan, syarat untuk mengusulkan geopark adalah warisan. “Harus ada warisan geologi untuk diusulkan sebagai geopark yang diikuti oleh rencana Induk Geopark dan penilaian mandiri. Ini sudah berjalan paralel, kasarannya ini sudah disiapkan dari awal.”

Ketua IAGI Maluku Utara mengatakan bahwa nanti 19 lokasi situs geologi tersebut akan langsung diresmikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pjs. Wali Kota Bertindak Sebagai Irup Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pan ...

#

Pjs. Wali Kota Ternate Senam Bersama ASN dan PTT Pemkot Ternate

PEMKOT TERNATE - Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab, S.Sos., ME melakukan olahraga dan se ...

#

Dispersip Kota Ternate Gandeng Duta Baca Indonesia Masuk ke Sekolah, Baronda di SMP Negeri 2 Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka melakukan edukasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Dinas Pe ...

#

Tahmid Wahab Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Pj. Gubernur Maluku Utara Drs. H. Samsuddin Abdul Kadir, M.Si melantik ...