#

Pemkot Ternate Akan Gelar FGD Penetapan Warisan Geologi Ternate

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penetapan Warisan Geologi Ternate dengan Narasumber dari Pusat Survei Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI).

Pelaksanaan FGD dilangsungkan secara hybrid, dan akan digelar pada hari Rabu, 16 Oktober 2024. Bertempat di Auditorium Bappelitbangda Kota Ternate yang dihadiri oleh para stakeholder dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kota Ternate, Instansi Vertikal, Perguruan Tinggi, Kesultanan Ternate, Masyarakat dan Komunitas.

Proses pengusulan keragaman geologi Ternate sebagai warisan geologi merujuk pada Surat Gubernur Maluku Utara nomor 546/604/G tanggal 1 Maret 2022 tentang Usulan Penetapan Warisan Geologi dan telah di verifikasi lapangan oleh tim assessment Pusat Surveri Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM RI.

“FGD ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi warisan geologi Ternate, dan diharapkan dapat berjalan dengan lancar, karena ini merupakan tahapan penting dalam penetapan Ternate sebagai Warisan Geologi” ujar Mohd. Taufik Djauhar, SE., M.Si. Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate.

Sementara itu, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara Deddy Arif, mengatakan bahwa tahapan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ternate sudah sesuai dengan Pasal 6 Peraturan Menteri ESDM No 1 tahun 2020 tentang Pedoman Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage).

“Semoga ini menjadi langkah maju Kota Ternate ke tahapan selanjutnya menuju Geopark Nasional“ pungkas Ketua IAGI Maluku Utara. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pjs. Wali Kota Bertindak Sebagai Irup Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pan ...

#

Pjs. Wali Kota Ternate Senam Bersama ASN dan PTT Pemkot Ternate

PEMKOT TERNATE - Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab, S.Sos., ME melakukan olahraga dan se ...

#

Dispersip Kota Ternate Gandeng Duta Baca Indonesia Masuk ke Sekolah, Baronda di SMP Negeri 2 Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka melakukan edukasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Dinas Pe ...

#

Tahmid Wahab Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Pj. Gubernur Maluku Utara Drs. H. Samsuddin Abdul Kadir, M.Si melantik ...