#

66 Anggota Paskibraka Kota Ternate Tahun 2024 Resmi Dikukuhkan

PEMKOT TERNATE – Sebanyak 66 pelajar SMA/SMK Kota Ternate dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Ternate Tahun 2024 oleh Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si yang dipusatkan di Benteng Oranje Ternate, Kamis (15/8/24).

Terdiri dari 31 putri dan 35 putra, Paskibraka Kota Ternate yang baru saja dikukuhkan akan mengemban tugas mengibarkan duplikat Bendera Pusaka di Lapangan Ngaralamo, Kelurahan Soa Sio, tepat pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia (RI) tanggal 17 Agustus 2024.

Pengukuhan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM., Forkopimda Kota Ternate, para pimpinan instansi vertikal, Sejumlah Kepala OPD, Camat, Kepala Sekolah, dan para orang tua dari para anggota Paskibraka.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, sebelum sambutannya, pertama-tama menyampaikan ucapan duka cita atas berpulangnya orang tua (Bapak) dari salah satu anggota Paskibraka Kota Ternate yang juga salah satu pegawai di Pemerintah Kota Ternate.

"Kabar duka ini merupakan ujian yang sangat berat, terutama untuk seorang anggota Paskibraka, semoga Allah SWT menempatkan almarhum di tempat yang layak di sisi-Nya. Pada kesempatan ini, mari kita kirimkan doa dan Al-Fatihah untuk almarhum," ajak Wali Kota untuk mendoakan kepada selurih tamu undangan yang hadir.

Selanjutnya, Wali Kota menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat pada pada pelaksanaan kegiatan pengukuhan, mulai dari panitia, instruktur, pelatih dan para anggota Paskibraka.

“Selamat untuk para anggota Paskibraka yang baru saja dikukuhkan, tugas ini adalah tugas mulia, jalankan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan kebanggaan dan kehormatan,” tegas Wali Kota.

Wali Kota juga mengungkapkan bahwa proses seleksi Paskibraka yang ketat dan latihan yang dijalani menunjukkan komitmen, disiplin, dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

“Kalian bukan hanya sekadar pengibar bendera, tetapi juga simbol kebanggaan dan semangat nasionalisme, kalian juga turut serta menanamkan nilai-nilai patriotisme kepada seluruh masyarakat, khususnya generasi muda di Kota Ternate,” pungkasnya.

Wali Kota berharap seluruh anggota Paskibraka dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2024.

“Jadilah pelopor dan contoh yang baik bagi kemajuan bangsa yang bersatu, kuat dan berkembang menuju masa depan yang lebih cerah,” tuturnya.

Selain itu, Wali Kota berpesan agar apa yang tekah didapatkan pada pendidikan dan pelatihan Paskibraka dapat terus ditanamkan dan dipertahankan, utamanya mengenai kedisiplinan, persaudaraan, kekompakkan dan kegigihan.

Diakhir sambutannya, Wali Kota juga mengucapkan selamat bertugas bagi para anggota Paskibraka, “Junjung tinggi rasa kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Paskibraka. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan, kesehatan, dan keberkahan kepada kita semua dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebelum pelaksanaan kegiatan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2024, Jum’at (16/8/24) akan dilakukan terlebih dahulu Upacara Penetapan Waktu (Taptu) yang akan dipusatkan di depan kantor Wali Kota Ternate yang akan dipimpin langsung oleh Kapolres Ternate. Setelah itu pada pukul 23:00 WIT, dilanjutkan dengan pelaksanaan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Banau Ternate yang akan dipimpin oleh Danlanal Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Semarak HUT Ke-79 RI, Sekretariat Daerah Kota Ternate Gelar Berbagai Lomba

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Sekretaris Daerah K ...

#

66 Anggota Paskibraka Kota Ternate Tahun 2024 Resmi Dikukuhkan

PEMKOT TERNATE – Sebanyak 66 pelajar SMA/SMK Kota Ternate dikukuhkan sebagai Pasukan Pen ...

#

Ini Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-79 RI di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate menggelar Gladi Bersih Upacara Peringa ...

#

Capaska Kota Ternate Jelajahi Jejak Perjuangan Bangsa di Ternate

PEMKOT TERNATE – Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kota Ternate mengikuti ...