#

Akan Dikukuhkan Besok, Begini Perjuangan Menjadi Calon Paskibraka Tahun 2024

PEMKOT TERNATE - Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI), Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kota Ternate tahun 2024 semakin giat melakukan latihan.

Hari ini, Rabu (14/8/24) Paskibraka Kota Ternate menggelar gladi pengukuhan Paskibraka yang pelaksanaanya akan digelar pada Kamis malam (15/8/24) di Benteng Oranje.

Rencananya, pengukuhan Paskibraka akan dilaksanakan secara outdoor dan akan ada pemutaran dokumentasi pembentukan Paskibraka dari awal, agar para orang tua dan tamu undangan yang hadir dapat mengetaahui perjuangan para peserta yang tidak mudah.

Pencapaian Paskibraka Kota Ternate sampai saat ini juga tidak terlepas dari usaha dan semangat para peserta dalam melalui berbagai proses seleksi ketat.

Koordinator Seksi Upacara Puncak Peringatan HUT RI Tingkat Kota Ternate, Nuryadin Rahman, SH, dalam wawancaranya usai gladi pengukuhan Paskibraka mengatakan bahwa pembentukan Paskibraka Kota Ternate diawali dengan sosialisasi ke setiap sekolah di Kota Ternate.

“Sejak bulan Maret, panitia mulai melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, yang sebelumnya tahun lalu tidak dilakukan sosialisai, tahun ini dilakukan.

Seleksi Paskibraka tahun 2024, murni dilakukan secara online melalui website Transparansi Paskibraka oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Menurut Peraturan Presiden (Perpres) No.51 tahun 2022, ada beberapa kriteria dan tahapan yang harus dilalui para peserta sampai akhirnya terpilih menjadi anggota Paskibraka Kota Ternate tahun 2024, diantaranya seleksi administrasi, seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelegensi umum, seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi peraturan baris berbaris dan kesemaptaan, serta seleksi kepribadian,” sebut Nuryadin.

Menurutnya, peminat untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka Kota Ternate merupakan yang tertinggi di Provinsi Maluku Utara dengan jumlah pendaftar mencapai 500 orang dan peserta yang lulus menjadi anggota Paskibraka berjumlah 66 orang peserta, terdiri dari 31 putri dan 35 putra.

“Yang unik dari Paskibraka tahun ini adalah ada beberapa sekolah di Ternate yang selama 5 (lima) tahun kebelakang belum pernah mengirimkan perwakilan anggota paskibraka, namun tahun ini ada. Sehigga bisa di bilang formasi Paskibraka tahun ini sudah hampir lengkap karena terdiri dari perwakilan seluruh sekolah di Kota Ternate,” ungkapnya.

Selain itu, Nuryadin Rachman, SH yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Ternate menyebutkan bahwa para peserta Paskibraka tahun ini, berasal dari berbagai latar belakang keluarga, sehingga menjadi kebanggaan keluarga bahwa anaknya dapat lulus menjadi anggota Paskibraka Kota Ternate.

“Misalnya ada yang orang tuanya pekerja buruh sampah, ada yang pedagang, ada kuli bangunan, ada juga pelaku jasa cuci keliling. Artinya bahwa peluang ini ada untuk semua orang, semua siswa yang mempunyai potensi dapat menjadi anggota Paskibraka tidak peduli latar belakang keluarganya atau jabatan orang tuanya,” tegasnya.

Nuryadin juga menuturkan bahwa keunikan lainnya yang membuat peringatan HUT RI tahun ini menjadi lebih spesial yakni beberapa waktu lalu BPIP menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada seluruh daerah di Indonesia.

“Kemarin saya mewakili wali kota, menerima duplikat bendera pusaka yang nanti akan dikibarkan di seluruh Indonesia termasuk Ternate. Selain duplikat bendera pusaka, diserahkan juga duplikat naskah proklamasi asli dan buku panduan ideologi Pancasila,” tuturnya.

“Nantinya duplikat bendera pusaka akan dikibarkan serempak di seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia dan akan digunakan selama 10 (sepuluh) tahun tanpa diganti,” tambahnya.

Nuryadin menjelaskan, tujuan BPIP menyerahkan duplikat bendera pusaka yakni untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan membangun semangat nasionalisme di seluruh daerah di Indonesia.

Diakhir wawancaranya, Nuryadin berpesan untuk calon Paskibraka generasi selanjutnya untuk dapat mempersiapkan diri bukan hanya fisik tapi juga mental dan wawasan karena kedepannya seleksi Paskibraka akan semakin ketat dan sulit.

“Hal istimewa atau kelebihan menjadi anggota Paskibraka yakni mereka akan memiliki pengalaman dan wawasan. Selain itu, akan ada kebanggaan tersendiri pada dirinya, dan juga akan berdampak postitif pada karirnya di masa yang akan datang,” tutupnya. (Tim_Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Semarak HUT Ke-79 RI, Sekretariat Daerah Kota Ternate Gelar Berbagai Lomba

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Sekretaris Daerah K ...

#

66 Anggota Paskibraka Kota Ternate Tahun 2024 Resmi Dikukuhkan

PEMKOT TERNATE – Sebanyak 66 pelajar SMA/SMK Kota Ternate dikukuhkan sebagai Pasukan Pen ...

#

Ini Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-79 RI di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate menggelar Gladi Bersih Upacara Peringa ...

#

Capaska Kota Ternate Jelajahi Jejak Perjuangan Bangsa di Ternate

PEMKOT TERNATE – Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kota Ternate mengikuti ...