#

Proper "SI BATAGI", Pengoptimalan PAD Dengan Pemberdayaan Jukir Liar

PEMKOT TERNATE - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ternate, Mochtar Hasyim, S.Pi., M.Si menggagas proyek perubahan (proper) 'Si Batagi" atau Sinergitas Penertiban Retribusi Melalui Giat (kegiatan).

Hal menarik dari projek ini adalah, Dishub akan memberdayakan juru parkir (jukir) liar yang ada di Kota Ternate dengan cara merekrut dan mempekerjakan mereka.

"Sehingga di samping ada pertambahan nilai untuk Pemkot dari sisi pendapatan asli daerah, mereka (jukir liar) juga kita berdayakan agar keberadaan mereka yang dulunya liar kita legalkan," ucap Kadishub Kota Ternate.

Menurutnya, jukir liar nantinya akan direkrut dan dipekerjakan atas dasar SK Wali Kota yang bersandar pada Perda Kota Ternate Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Dengan begitu, hilangnya potensi pada sejumlah tempat parkir yang selama ini terjadi bisa dikendalikan dengan tertib dan masuk ke PAD.

Lanjut beliau, jukir liar bakal dilengkapi dengan atribut kerja yang akan diserahkan pada saat launching Proper Si Batagi yang dijadwalkan pada akhir bulan Juli.

"Saya berharap proper ini bisa mendapat dukungan penuh dari masyarakat Kota Ternate, sehingga optimalisasi PAD dari sektor retribusi parkir bisa berjalan sesuai apa yang kita harapkan," tuturnya.

Sebagai informasi, Proper SI BATAGI merupakan salah satu prasyarat dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II angkatan XIII pada Badan Diklat Daerah Istimewa Yogyakarta yang diikuti Mochtar.

Proper ini bahkan sudah disetujui oleh Sekda Kota Ternate selaku mentor dan Wali Kota Ternate selaku promotor.

Tujuan utama dari implemntasi proper SI BATAGI adalah mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir dengan sistem digitalisasi, serta memberdayakan para jukir liar yang selama ini beroperasi pada sejumlah titik yang memiliki potensi pendapatan.

"Jadi misalnya selama ini penarikan retribusi parkir masih dalam bentuk karcis, sarana dan peralatannya akan kita ganti ke digital, kemudian parkir liar yang selama ini terjadi, kita berdayakan sehingga ada efek pada pemberdayaan," pungkasnya. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Menyambut HUT Ke-79 RI, Pemkot Ternate Bagikan Bendera Merah Putih dalam Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

PEMKOT TERNATE - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia ...

#

Proper "SI BATAGI", Pengoptimalan PAD Dengan Pemberdayaan Jukir Liar

PEMKOT TERNATE - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ternate, Mochtar Hasyim, S.Pi., ...

#

Konsolidasi Organisasi Roadshow Penasehat dan Pemberian Bantuan Pendidikan

PEMKOT TERNATE – Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Ternate Ny. Marliza M. Tau ...

#

Lantik Pengurus Kota Purna PPI Ternate, Wali Kota : Semoga Bisa Menjadi Mitra Strategis Pemerintah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka dengan resmi Rapat ...