#

Wali Kota Serahkan Dana Kelurahan Se-Kecamatan Ternate Tengah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyerahkan Dana Kelurahan (DK) sekaligus Penarikan Mahasiswa Kuliah Berkarya dan Bermasyarakat (Kubermas) Universitas Khairun Ternate dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri Ternate.

Selain itu, dilakukan juga penyerahan hadiah pemenang lomba HUT-RI ke-79 Tahun 2024.

Kegiatan tersebut bertempat di Kantor Kecamatan Kota Ternate Tengah dan dihadiri oleh Camat Ternate Tengah dan Lurah se-Kecamatan Ternate Tengah.

Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam arahannya mengatakan bahwa selaku Pemerintah Kota Ternate, Wali Kota mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Kubermas yang berlokasi di 4 (Empat) wilayah, yakni wilayah Salahuddin, Santiong, Kalumpang dan Marikrubu.

“Terima kasih atas pelaksanaan Kubermas, yang mana dalam rangka penguatan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat. Semoga dapat meninggalkan kesan baik bagi masyarakat di 4 (Empat) kelurahan yang menjadi sasaran pelaksanaan Kubermas,” ucap Wali Kota.

Menurutnya, memang hingga saat ini Ternate masih menjadi sasaran penting untuk pelaksanaan kegiatan KKN atau Kubermas, baik itu perguruan tinggi dari luar Ternate maupun dari dalam Ternate.

“Terima kasih untuk Rektor dan seluruh civitas akademika Universitas Khairun Ternate yang untuk kesekian kalinya menempatkan adik-adik mahasiswa melaksanakan kegiatan Kubermas di Kota Ternate. Memang kita ingin ada sinergi yang tetap diteruskan, khususnya untuk pelaksanaan Kubermas, sehingga penajaman kegiatan-kegiatan atau program pemerintah ini dapat berjalan lebih efektif.

Lebih lanjut, Wali Kota juga berpesan agar nantinya setiap saat pelaksanaan Musrembang di tingkat kecamatan agar minimal ada partispasi secara langsung dari pihak Unkhair.

“Ini yang perlu kita diskusikan agar nantinya penajaman untuk kegiatan Kubermas atau KKN dengan kegiatan pemerintah daerah bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa Kubermas dan KKN.

“Mudah-mudahan ini menjadi pengalaman penting bagi adik-adik Kubermas dan KKN, yang nantinya harus menyelesaikan studi dan mungkin suatu ketika bisa menjadi bagian dari warga Kota Ternate sekaligus pelaku utama atau agen pembangunan dan perubahan bagi Kota Ternate,” harapnya.

Disamping itu, Wali Kota juga menyampaikan apresiasinya kepada Camat Ternate tengah karena tanggap serta responsif terkait distribusi dana kelurahan. “Karena memang ini menjadi kegiatan penting bagi akselerasi pembangunan yang ada di kecamatan termasuk sasaran utamanya di kelurahan."

Wali Kota meyakini bahwa seluruh perencanaan sudah dibuat juga disiapkan oleh kelurahan masing-masing, baik itu untuk kegiatan penguatan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat.

“Itu merupakan menu penting yang sering kita terjemahkan dalam petunjuk teknis penyerahan dana kelurahan dari dulu hingga saat ini. Saya meyakini bahwa ada added value atau nilai tambah bagi masyarakat kalau itu diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat,” tegasnya.

Terkait penyerahan hadiah lomba HUT RI ke-79, Wali Kota juga menyampaikan terima kasih banyak kepada camat dan para lurah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan 17 Agustus sehingga bisa berjalan dengan baik.

“Khusus untuk peringatan ke-79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia kali ini, kita sengaja memusatkan pada kecamatan dan kelurahan. Karena kita ingin agar semarak kemerdekaan itu benar-benar dirasakan oleh warga masyarakat yang ada di Kota Ternate,” jelas Wali Kota.

Setelah memberikan arahan, Wali Kota kemudian secara langsung menyerahkan dana kelurahan (DK) 16 Kelurahan yang ada di Kecamatan Ternate Tengah, sekaligus secara simbolis menyerahkan kembali mahasiswa Kubersmas juga KKN ke Unkhair dan IAIN Ternate, yang dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba perayaan HUT-RI ke-79 Tahun 2024. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Tandatangani Kesepakatan Bersama PT. BSI Tbk

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Area Manager Ban ...

#

Wali Kota Serahkan Bantuan Untuk Pelaku Ekonomi Kreatif di Kelurahan Tanah Raja

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si yang juga sebagai Pemegan ...

#

Wali Kota Serahkan Dana Kelurahan Se-Kecamatan Ternate Tengah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyerahkan Dana Kelurahan ...

#

Warga Terdampak Banjir Bandang Rua Akan di Relokasi ke Jambula

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan ...