#

Pentingnya Mengenal Geopark, Menuju Ternate Geopark Nasional

PEMKOT TERNATE – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara menggelar pelatihan “Pengenalan Geopark di Provinsi Maluku Utara” untuk masyarakat yang digelar di Hotel Sahid Bela Ternate. Senin (15/5/23).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas PUPR Kota Ternate Rus\'an Muhammad Nur Taib, ST. MT mewakili Wali Kota Ternate.

Diklat tersebut akan berlangsung selama 4 (empat) hari dari tanggal 15 hingga 18 Mei 2023 yang diikuti oleh sejumlah komunitas lokal yakni Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Komunitas Lingkar Destinasi, Ternate Geopark Youth Forum, dan Ternate Creative Space.

Widya Iswara (WI) Madya Kementerian ESDM Dr. Nendi Rohaendi, saat diwawancarai mengatakan bahwa diklat ini memiliki tujuan utama yakni mengenalkan, mengedukasi, serta memaparkan manfaat mengenai geopark ke masyarakat.

“Ada 3 tujuan utama diklat ini kita laksanakan, yakni pertama kita mengenalkan geopark ke masyarakat, yang kedua mengedukasi masyarakat bagaimana pentingnya pengelolan lingkungan atau konservasi, serta yang ketiga mengenalkan manfaat keekonomian dari geopark, tentunya daam hal ini ekonomi yang berkelanjutan,” ucap Nendi.

Selain itu, Nendi juga berharap dengan adanya diklat ini geopark bisa diterima masyarakat sebagai bagian dari pengembangan atau konservasi untuk geologi.

“Harapannya ketika alam terjaga dan bermanfaat secara ekonomi, peserta disini bisa memberikan kontribusi yang aktif dalam pengembangan geopark, salah satunya mereka mampu mengembangkan geoproduk yakni produk-produk dari geopark yang bisa dimanfaatkan sebagai produk baru seperti souvenir,” tambahnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Wali Kota Ternate Bidang Geologi, Deddy Arif, menjelaskan bahwa diklat ini adalah langkah paling utama dalam Ternate menuju Geopark Nasional dan visitasi terkait dengan warisan geologi.

“Peserta yang hadir ini merupakan teman-teman yang ada di lingkar destinasi, terutama komunitas lokal ada Pokdarwis, Komunitas Lingkar Destinasi, Ternate Geopark Youth Forum dan Ternate Creative Space yang akan dilaksanakan 15 sampai 18 Mei 2023,” pungkas Deddy.

Deddy berharap setelah kegiatan ini, para peserta dapat menjadi perpanjangan tangan dari Pemerintah dan Badan Pengelola Geopark tentunya untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat di lingkar destinasi bahwa Ternate hari ini punya potensi selain Kota Pusaka, selain Kota Rempah, kita juga menuju Geopark Nasional. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...

#

Sebanyak 311 Peserta PPPK Kota Ternate Tandatangani Perjanjian Kerja

PEMKOT TERNATE – Setelah melewati serangkaian seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanji ...