#

Wali Kota Launching Logo Festival Kora-Kora Sekaligus Launching ID Drum Festival

PEMKOT TERNATE - Hari kedua pelaksanaan Pesta Kolaborasi dan Temu Kangen Musisi Ternate disemarakkan dengan diluncurkannya Logo Festival Kora-Kora serta peluncuran Festival ID Drum.

Digelar di tempat yang sama, yakni di Landmark Kota Ternate, Sabtu (18/5/24), Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M. Si didampingi Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM hadir kembali di hari kedua Pesta Kolaborasi Makin Cakap Digital yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Firman Mudaffar Sjah, Forkopimda Kota Ternate, Ketua DPC PAPPRI Kota Ternate Mustamim Hamzah, sejumlah Kepala OPD, Camat dan para insan seni musik Kota Ternate.

National Project Leader Literasi Digital Kominfo RI-KFI Thamrin Ali Ibrahim dalam laporannya mengatakan bahwa program literasi digital ini dilaksanakan tahun 2022, 2023, 2024, dan 2025, yang dirancang untuk 15 tahun kedepan dan program ini akan terus bergerak melaksanakan kegiatan di Provinsi Maluku Utara dengan harapan masyarakat makin cakap digital.

“Sebelumnya tadi, telah ditampilkan zoom meeting di videotron tentang bagaimana menjaga data pribadi di media sosial (keamanan digital), ada 4 pilar literasi digital yang perlu kami sampaikan yakni digital safety digital skill, digital society, dan digital culture,” sebutnya.

Menurutnya, apabila literasi digital ini didorong oleh Kominfo Republik Indonesia untuk dapat diimplementasikan pada seluruh komunitas di Provinsi Maluku Utara, ada 2 program strategis di Kominfo yang ditujukan pada 2 item, yang pertama program ditujukan untuk komunitas dan masyarakat umum, yang kedua segmen pendidikan yang dilaksanakan dari SD, SMP, SMA, kemudian ada the next Indonesia yang dilaksanakan oleh Kominfo bekerjasama dengan Telkomsel

“Malam ini kita akan melaunching logo Festival Kora-Kora sekaligus launching Festival ID Drum, dan Festival ID Drum akan dilaksanakan pada bulan Agustus yang dirangkaikan dengan malam apresiasi Wali Kota Andalan sekaligus malam ramah tamah Peringatan HUT RI.

Selanjutnya, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M. Si dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya mempromosikan cakap digital sekaligus atraksi drum, “Saya kira selain sebagai hiburan bagi masyarakat Kota Ternate, yang paling penting adalah kita memberi ruang kreatif bagi para komunitas kita termasuk komunitas drum yang saat ini tumbuh subur di Kota Ternate,” ucap Wali Kota.

Beliau meyakini bahwa ruang tersebut harus diberikan oleh kita semua terutama dari Pemerintah Daerah sehingga semakin banyak anak muda yang luar biasa dapat berkembang bukan hanya di tingkat lokal tapi hingga tingkat nasional.

“Mudah mudahan kedepan akan muncul drumer-drumer kita yang lahir dari Kota Ternate, sekaligus ini menjadi ajang penting dalam rangka memperkenalkan talenta-talenta terbaik yang ada di Kota Ternate," pungkas Wali Kota.

Beliau juga mengatakan bahwa komunitas tersebut harus diberi ruang yang sangat kuat sehingga mereka bisa tumbuh berkembang menjadi musisi-musisi yang handal yang ada di Kota Ternate.

“Saya yakin bahwa semakin banyak ruang itu diberikan maka semakin banyak para talenta itu akan muncul,” pungkasnya.

Menurutnya, semakin banyak kegiatan yang dilakukan di Kota Ternate, itu menunjukkan bahwa Kota Ternate adalah kota yang hidup dan kota yang penuh kreatifitas.

“Jika nanti ada kegiatan-kegiatan nasional yang dapat dilakukan di Ternate, akan jauh lebih baik jika kita memperkenalkan talenta-talenta kita yang saat ini berkembang begitu banyak,” ucapnya

Beliau juga menyebutkan bahwa di tahun 2025 Kota Ternate ditunjuk sebagai tuan rumah pada kegiatan nasional terkait Sanitasi dan Air yang sebelumnya digelar di Kota Cilegon.

“Saya bisa berbangga, jika ada kegiatan nasional kita berupaya untuk beri ruang kepada anak muda kita supaya berkembang sekaligus menunjukkan bahwa kita orang Ternate tidak kalah hebat dengan mereka yang berada di daerah lain,” cetusnya.

Wali Kota menyebutkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir banyak kegiatan yang tersebar di Kota Ternate yang menunjukkan bahwa kota ini akan terus bergerak dan hidup, dan jika ini dilakukan secara terus menerus kemungkinan besar korelasi itu akan berkembang pada kemajuan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah Kota Ternate juga merupakan bagian dari kota-kota kreatif nasional, mudah mudahan ini menjadi pertanda atau sinyal baik bagi kita bahwa ternate akan semakin kedepan akan semakin maju,” harapnya

Di akhir sambutannya, Wali Kota mengajak semua tamu vip bisa bersama-sama melakukan aksi drummer untuk menyemarakkan kegiatan makin cakap digital pada malam hari ini.

Usai memberikan sambutan Wali Kota Ternate didampingi para tamu VIP melaunching Logo Festival Kora-Kora sekaligus melaunching Festival ID Drum. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Mewisuda 2944 Siswa-Siswi Tahfidz Al-Qur’an dan BTQ

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Ketua TP PKK Kot ...

#

Aksi Penanaman Pohon Pada Rakernas APEKSI Sebagai Komitmen Pelestarian Lingkungan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota ...

#

Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan, Dirangkaikan dengan Cooking Class Untuk Para Istri Wali Kota

PEMKOT TERNATE – Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid mengikuti Cooking Class ...

#

Hadiri Sidang Rakernas XVII APEKSI Tahun 2024, Wali Kota Ternate Paparkan Poin Penting Dalam Pra Muskomwil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate sekaligus Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) VI Asosia ...