#

Pengurus KONI Kota Ternate Masa Bakti 2024-2028 Resmi Dilantik

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM menghadiri pelantikan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Ternate Masa Bakti 2024-2028 di Hotel Sahid Bela. Sabtu (31/8/24).

Pelantikan dan pengukuhan jajaran pengurus KONI Kota Ternate dilakukan oleh Ketua KONI Provinsi Maluku Utara Djasman Abubakar yang ditandai oleh serah terima bendera KONI dari Ketua KONI Provinsi Maluku Utara kepada Ketua KONI Kota Ternate Fauzan A. Pinang.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Staf Ahli Wali Kota Ternate, sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Ternate, Forkopimda Kota Ternate, serta para Ketua dan Pengurus Cabang Olahraga (Cabor).

Ketua KONI Ternate, Faujan A Pinang di awal sambutannya atas nama pengurus KONI Kota Ternate dan cabang olahraga se Kota Ternate, menyampaikan turut berduka cita atas bencana banjir bandang yang menimpa warga di Kelurahan Rua, "Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan pertolongan dan perlindungan kepada mereka dan kepada kita semua. Amin," ucap Faujan.

Menurutnya, salah satu filsafat yang paling penting dalam pembinaan olahraga adalah seorang juara bukan ditemukan tetapi diciptakan yang berlandaskan pada best on athlete.

"Berdasarkan filsafat ini, atlet yang hebat dan berpretasi akan lahir dari proses panjang pembinaan yang unsur-unsurnya adalah perencanaan, penganggaran, manajemen, pelatihan, pertandingan dan evaluasi sistem keolahragaan," ungkapnya.

Faujan mengatakan, Jika semua itu terpenuhi, atlet-atlet terbaik dapat membangun semangat, persatuan dan kehormatan yang mengangkat harkat dan martabat daerah maupun bangsa.

Menurutnya, olahraga prestasi dan prestasi olahraga merupakan salah satu indikator dalam penilaian kemajuan suatu daerah. Selain itu prestasi olahraga dapat mengangkat harkat dan martabat suatu daerah dalam konstalasi pembangunan secara regional dan nasional.

Pada tahun 2024 KONI Kota Ternate sedikit mengalami dinamika, namun tidak menyurutkan semangat pengurus KONI dan Cabang Olahraga serta atlet. "Buktinya akhir bulan lalu Kota Ternate masih mempertahankan juara umum POPDA ke XI di Sofifi," terangnya.

Berbagai program KONI tetap berjalan lancar, mulai dari pembinaan atlet, ikut serta event, pemberian bonus, persiapan PON ACEH-SUMUT hingga pada malam ini, KONI Kota Ternate akan menyerahkan bantuan perlengkapan latihan, pemberian penghargaan, launching Maskot TERNATE KOTA ATLET serta program lainnya yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"KONI Kota Ternate bahkan telah menetapkan program 100 hari kerja, salah satunya adalah memantau dan mendampingi atlet Kota Ternate yang akan berlaga di PON ACEH-SUMUT," sebutnya.

Seluruh program ini dapat dilaksanakan bukan karena pengurus KONI hebat, tetapi kepedulian, spirit dan motivasi Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam membangun olahraga yang menjadi pendorong bagi KONI untuk terus mengembangkan olehraga di Kota Ternate.

"Dalam setiap kesempatan, pak Wali Kota selalu menanyakan bagaimana perkembangan KONI dan atlet di Kota Ternate, beliau juga meminta KONI untuk terus memantau dan membantu para atlet agar prestasi olahraga Kota Ternate terus berkembang," tuturnya.

Ketua KONI berharap, kedepan kepedulian Wali Kota seperti ini terus dilakukan sehingga prestasi olahraga di Kota Ternate tidak stagnan apalagi turun, tapi terus meningkat.

Dalam sambutannya, Ketua KONI Kota Ternate, Faujan A Pinang turut menyampaikan bahwa urusan olahraga bukan hanya menjadi tanggung jawab KONI dan Pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama.

"Untuk itu, saya berharap kepada kita semua yang hadir malam ini secara bersama berkomitmen membangun olahraga Kota Ternate. Sebab, saya yakin dan percaya, semua undangan yang hadir disini, betul-betul ingin membangkitkan olahraga di Kota Ternate," ucapnya.

Dia juga berharap pengurus yang baru dilantik, dapat menjadi tim yang solid untuk membangun olahraga prestasi di Kota Ternate, "Amanah yang telah diberikan kepada kita harus dipertanggung jawabkan dengan sebaik-baiknya. Jangan jadikan jabatan dan kedudukan kita di organisasi ini sebagai kebanggaan semata tanpa bekerja," pesannya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Dr Rizal Marsaoly yang mewakili Wali Kota Ternate dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan ini bukan hanya sekedar seremonial pelantikan, tetapi merupakan momentum penting bagi kemajuan olahraga di Kota Ternate.

KONI sebagai wadah pembinaan olahraga diharapkan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, guna meningkatkan prestasi olahraga, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus KONI Kota Ternate yang telah dilantik. Amanah yang diberikan kepada saudara-saudara sekalian bukanlah tugas yang ringan. Diperlukan komitmen, kerja keras, dan kerjasama yang solid untuk memajukan olahraga di kota ini," ucap Sekda membacakan sambutan Wali Kota.

Sekda berharap dengan semangat baru dan visi yang jelas, KONI bersama-sama pemerintah dapat menjadikan Ternate sebagai salah satu kota dengan prestasi olahraga yang membanggakan.

Pada kesempatan itu, Sekda atas nama Wali Kota turut berbangga dengan peluncuran maskot "Ternate Kota Atlet".

"Maskot ini bukan sekedar simbol, tetapi representasi dari semangat dan tekad kita untuk menjadikan Ternate sebagai kota yang identik dengan prestasi olahraga. Melalui maskot ini, kita harapkan dapat memotivasi seluruh masyarakat, terutama generasi muda, untuk lebih aktif dan berprestasi di bidang olahraga," harapnya.

Semoga dengan adanya pengurus baru KONI dan peluncuran maskot ini, kita dapat membawa angin segar bagi perkembangan olahraga di Kota Ternate.

“Mari kita bersatu padu, bergandengan tangan, dan bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama: menjadikan Ternate sebagai kota yang berprestasi dan dikenal di dunia olahraga,” tuturnya.

Di akhir sambutannya, Sekda berpesan kepada pengurus KONI Kota Ternate masa bakti 2024-2028, mampu melaksanakan amanah ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

"Kuatkan komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik dalam menjalankan kewajiban, sesuai tugas dan fungsinya, Agar Koni benar-benar dapat menjadi organisasi mitra pemerintah, dalam merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan maupun peningkatan prestasi bagi atlet, wasit, pelatih dan manajer," pungkas Sekda.

Acara tersebut juga dirangkai dengan doa bersama untuk korban bencana banjir di Rua serta launching maskot "Ternate Kota Atlet" yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekda Kota Ternate.

Pengurus KONI Kota Ternate juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh olahraga, altet berprestasi serta pelepasan atlet Kota Ternate untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh-Sumatera Utara. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Ekonomi Kreatif

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate, melalui Dinas Pariwisata Kota Ternate memberik ...

#

Wali Kota Tandatangani Kesepakatan Bersama PT. BSI Tbk

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Area Manager Ban ...

#

Wali Kota Serahkan Bantuan Untuk Pelaku Ekonomi Kreatif di Kelurahan Tanah Raja

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si yang juga sebagai Pemegan ...

#

Wali Kota Serahkan Dana Kelurahan Se-Kecamatan Ternate Tengah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyerahkan Dana Kelurahan ...