#

Pjs. Wali Kota Pimpin Rapat Koordinasi Sekaligus Meninjau Progres Pembangunan Huntap Untuk Warga Terdampak Banjir

PEMKOT TERNATE - Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab S.Sos, ME., memimpin Rapat Koordinasi sekaligus meninjau Progres Pembangunan Rumah RISHA untuk warga terdampak banjir bandang Kelurahan Rua yang di relokasi ke Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Ternate. Kamis (17/10/24).

Rapat Koordinasi ini diikuti Kepala Dinas Perkimtan Kota Ternate Tonny S. Pontoh S.Sos., M.Si, Sekdis PUPR Kota Ternate, Camat Pulau Ternate, Lurah Jambula, Lurah Rua, dan Kontraktor Pelaksana PT. Nindya Karya, serta Balai Perumahan melalui Satker Penyedian Perumahan.

Usai Rapat koordinasi, Pjs. Wali Kota langsung meninjau lokasi pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), yang diperuntukkan bagi korban terdampak banjir bandang Rua.

Pjs. melihat dari dekat proses pembangunan rumah yang rencananya akan selesai pada bulan Desember 2024 nanti.

Di atas lahan seluas 2,5 hektar, terlihat sudah ada beberapa rumah yang mulai di bangun. Sebanyak 49 rumah RISHA tipe 36 dengan luas 10x15 meter, akan dibangun untuk hunian tetap warga terdampak banjir bandang Kelurahan Rua, berikut fasilitas seperti ruang terbuka hijau, musala dan sekolah.

Pembangunan hunian tetap untuk warga terdampak banjir bandang Rua merupakan komitmen Pemkot Ternate untuk memberikan yang terbaik untuk korban terdampak banjir bandang Rua.

Rumah RISHA dibangun dengan teknologi konstruksi untuk membangun rumah dengan cepat, tahan gempa, dan ramah lingkungan. RISHA merupakan produk unggulan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Tonny S. Pontoh, S.Sos, M.Si mengatakan, saat diwawancarai mengatakan bahwa proses pembangunan Hunian Tetap di Kelurahan Jambula sudah sekitar 35 persen.

“Pekerjaan pertama, 27 unit panel yang dikirimkan dari Bandung menuju Tanjung Priok sudah berada di sini, namun ada material yang masih dalam perjalanan menuju ke Ternate,” terangnya.

Kadis Perkimtan juga mengatakan, “Insya Allah direncanakan oleh kami dengan pihak Kementerian PUPR itu di tanggal 21 Desember 2024 sudah selesai dan akan langsung diserahkan kepada pemerintah kota Ternate untuk kemudian hunian tetap akan diberikan kepada warga terdampak bencana banjir bandang Rua yang direlokasi Jambula,” tuturnya.

Kadis juga menyebutkan bahwa tidak ada kendala dalam pembangunan ini dan ditargetkan selesai sesuai jadwal. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

FGD Penetapan Warisan Geologi Bersama Kementerian ESDM, 19 Situs di Kota Ternate Akan Ditetapkan

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam ra ...

#

Pemkot Ternate Akan Gelar FGD Penetapan Warisan Geologi Ternate

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam ...

#

Pjs. Wali Kota Ternate Sambut Kedatangan Duta Besar Inggris Untuk Indonesia di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab, S.Sos, M.E mendampingi Duta Besar In ...

#

Pjs. Wali Kota Bertindak Sebagai Irup Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pan ...