#

Wali Kota Ternate Telusuri Jejak Kota Rempah di Portugal

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si melakukan kegiatan penelusuran dan penguatan informasi terkait Arsip tua dari Kesultanan Ternate di Portugal, Senin (22/5/23).

Kegiatan tersebut dilakukan saat Wali Kota melakukan kunjungan kerja ke Eropa.

Arsip tua berupa manuskrip atau surat tua tulisan tangan asli diperlihatkan dalam pameran kecil (small exhibition) yang telah disiapkan oleh Arsip Nasional Portugal, menyambut kedatangan tim Pemerintah kota Ternate yang terdiri atas Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ternate Safiah M Nur, SE., dan Bidang Kerjasama Internasional, Kantor Urusan Internasional Universitas Khairun Maulana Ibrahim, Ph.D.

Dr. Jose Maria Furtado selaku Manajer Divisi, Arsip Nasional Portugal menjelaskan riwayat bagaimana dokumen mulai diarsipkan hingga mendapat perlakuan khusus dan lahirnya Arsip Nasional. Dalam penjelasan riwayat singkat ini, diskusi dan tanya jawab pun dilakukan oleh kedua pihak terkait Manuskrip Ternate di Portugal, diantaranya adalah Surat dari Sultan Ternate kepada Raja Portugal yang ditulis pada 1521 dan 1522. Kedua surat ini telah dikenal para peneliti sebagai dua surat tertua berbahasa Melayu yang masih tersimpan dan terawat baik oleh Arsip Nasional Portugal. Tim Pemerintah Kota Ternate dan Universitas Khairun mendapat kesempatan untuk melihat langsung kedua surat ini dan beberapa manuskrip lainnya, yang masih asli dan terawat dengan sangat baik.

Wali Kota Ternate mengatakan bahwa, sudah saatnya Kota Ternate tampil kembali di kancah internasional dan menguatkan perannya sebagai Kota Rempah dalam jejaring global lintas bidang, sebagaimana telah didiskusikan bersama dengan Duta Besar Indonesia untuk Portugal di Wisma Kedubes di Lisabon, sebelum kunjungan ke Arsip Nasional Portugal.

Sejalan dengan Wali Kota, Kepala Bappelibangda Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM menyampaikan bahwa upaya penguatan Narasi Kota Rempah dilakukan salah satunya dengan penguatan Arsip dan Bukti Sejarah.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Arsip Nasional, Safinah M. Nur, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya penguatan Arsip, sehingga urusan Arsip dan Literasi menjadi bagian dari kolaborasi baik antar lembaga dan berbagai pemangku kebijakan, baik lintas pemerintah Kota, Institusi pendidikan, kantor Arsip maupun secara global dengan berbagai pihak terkait.

Peluang yang dapat dilakukan di saat ini adalah kerjasama riset antara Pemerintah Kota Ternate dan Arsip Nasional Portugal, sebagaimana telah diawali oleh Universitas Khairun dengan Universitas Lisbon dan Naval School, sejak 2019 lalu dan kunjungan ini merupakan tindak lanjut peran Universitas dalam menguatkan peran lintas institusi, ungkap Maulana Ibrahim perwakilan Kantor Urusan Internasional Universitas Khairun.

Kunjungan dan diskusi di Arsip Nasional Portugal ini juga dihadiri Prof. Antonio dari Universitas Lisbon dan Perwakilan keluarga Francisco Serrao, seorang Penjelajah Portugis pertama yang mencapai Kepulauan Maluku pada 1512, dan menjalin hubungan baik dengan Kesultanan Ternate. Diskusi dan obrolan perwakilan keluarga Serrao yang merupakan generasi atau keturunan ke-14 dengan Wali Kota Ternate, menjadi momen penting untuk menjalin hubungan baik sebagaimana telah dilakukan para pendahulu lebih dari 500 tahun lalu. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Te ...

#

Wali Kota Buka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate 2025

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Sekda Lantik Sejumlah Pejabat Administrasi dan Fungsional

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM melantik dan meng ...

#

Safari Ramadan di Kelurahan Toboko, Sekda Serahkan Bantuan Paket Kebaikan Ramadan

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., serta sejumlah ...