#

Peringati HUT Ke-79 RI, Jam Operasional Listrik di Batang Dua Akan Bertambah

PEMKOT TERNATE – Dalam Rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kota Ternate bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Ternate akan menambah jam operasional listrik di Kecamatan Pulau Batang Dua dari 12 (dua belas) jam menjadi 24 (dua puluh empat) jam yang akan dilakukan secara bertahap mulai dari 18 (delapan belas) jam pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Plh. Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM yang ditemui di kantor PLN Kota Ternate usai melakukan audiensi dengan Manager PLN dan jajarannya, Kamis (8/8/24).

Plh. Wali Kota menyampaikan bahwa sebelumnya 2 (dua) hari yang lalu, Pemkot Ternate telah mengirimkan surat kepada PLN Kota Ternate dan hari ini telah dilakukan audiensi terkait harapan warga Batang Dua agar listrik bisa menyala 1 × 24 jam.

“Kami sudah menyampaikan terkait harapan warga Batang Dua kepada bapak Manajer dan kami mendiskusikan ada beberapa hal yang kurang lebih baru bisa terealisasi di tahun 2025. Namun, untuk langkah pertama dari 12 jam ke 18 jam itu insya Allah bisa dipenuhi oleh pihak PLN mulai 17 Agustus ini sebagai rangkaian dari Peringatan HUT kemerdekaan ke-79 RI,” ungkap Plh Wali Kota.

Plh. Wali Kota menyampaikan bahwa hal ini sesuai dengan instruksi Wali Kota Ternate, pada pertemuan tersebut Plh. Wali Kota Ternate turut didampingi oleh Kepala Dinas PUPR Kota Ternate Rus'an Muhammad Nur Taib, ST. MT., Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate Mochtar Hasyim, S.Pi., M.Si.,dan Kepala Dinas Perkimtan Kota Ternate Tonny Sachruddin Pontoh, S.Sos, M.Si, yang mana ketiganya memiliki tugas pokok dan fungsi pada wilayah tersebut.

“Beberapa hal yang kami persiapkan di tahun 2025, yakni untuk 24 jam itu yang pertama adalah mesin back up untuk mesin yang sudah ada, sehingga ada tambahan mesin 150 kW yang nantinya itu bisa mem-back up mesin yang ada. Namun, untuk langkah pertama yang kami buat untuk menjawab harapan-harapan warga Batang Dua adalah dari yang tadinya 12 jam itu sudah bisa menyala sampai 18 jam dari pukul 18:00 sampai 06.00 WIT, kemudian ditambah sampai 12.00 WIT, setelah itu padam dan akan menyala kembali sore sampai pagi,” jelas Plh. Wali Kota.

Plh. Wali Kota Ternate juga mengapresiasi PLN dan jajarannya, sehingga Pemkot Ternate selalu berkoordinasi dan bersinergi untuk mewujudkan harapan warga Batang Dua untuk bisa merasakan penerangan 1 × 24 jam tahun depan.

“Di Dinas PUPR, saya minta alokasi anggaran untuk membuat rumah genset dan 1 (satu) mesin tambahan beserta kelengkapannya, yang insya Allah jika sudah terpenuhi kemungkinan di pertengahan tahun listrik di Batang Dua sudah bisa menyala 1 × 24 jam,” ucap Plh. Wali Kota.

Plh. Wali Kota juga menyebutkan bahwa akan dibuat juga ruang operator sekaligus rumah dinas untuk tempat tinggal operator.

“Di rangkaian hari kemerdekaan RI tahun 2024 ini, yang tadinya menyala hanya 12 jam alhamdulillah sudah bisa 18 jam dan ini juga berkat dari teman-teman PLN yang sudah berusaha keras membantu Pemkot Ternate untuk menjawab penerangan yang ada di 3 (tiga) kecamatan terluar khususnya di Kecamatan Batang dua, dan insya Allah Pemkot Ternate akan selalu mendorong untuk Batang Dua, Hiri dan Moti (BAHIM) ke depan harus jauh lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Ternate, Kurniawan Fitrianto saat wawancara menyampaikan bahwa sudah menjadi komitmen PLN, untuk Batang Dua secara road map memang akan dilaksanakan penambahan jam operasional listrik dari 12 jam menjadi 18 jam di tanggal 17 Agustus 2024.

“Alhamdulillah menuju ke 24 jam listrik menyala di Batang Dua, persiapan-persiapan sudah kita diskusikan dan sudah kita kesepakati. Saat ini di Batang Dua ada 4 (empat) unit mesin yang mampu memasok listrik selama 18 jam, namun terjadi kerusakan pada salah satu mesin dan baru saja selesai diperbaiki sehingga nanti untuk ke 24 jam memang kita perlu tambahan satu mesin dan sudah kami diskusikan sebagaimana yang telah disampaikan oleh pak Plh. Wali Kota,” jelas Manager UP3 PLN Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Tinjau Pembangunan Perumahan untuk Warga Terdampak Banjir Bandang

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate mulai menyiapkan pembangunan Rumah Instan Sederha ...

#

Wali Kota Serahkan Bantuan Untuk Para Pelajar Korban Banjir Bandang Rua

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas Pen ...

#

APBD Perubahan Tahun 2024 Telah Disahkan

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Daera ...